Patung Maskot Museum Khas Jawa Pakai Blangkon Jogja


patung maskot jogja
patung maskot museum benteng vredeburg jogja

Membuat patung maskot khas jawa, berpakaian surjan dan blangkon diberi nama Pak Pandu adalah kesempatan kedua terkait pekerjaan dengan Benteng Vredeburg Yogyakarta. Yang pertama, pernah kami tulis beberapa waktu lalu dengan judul membuat patung tentara. Bisa Anda lihat dibagian lain website ini.

Point utama adalah kami diminta membuat patung maskot dengan tampilan khas laki-laki jawa berusia dewasa.  Patung mengenakan pakaian khas Jawa; berbaju surjan, pakai blangkon, kaki memakai selop, dengan gerakan  posisi tangan mempersilahkan. Kalau dijawa sikap semacam disebut among tamu. Jadinya patung selamat datang seperti yang pernah saya tulis juga. Patung selamat datanga ala jawa. 

Dan, yang paling penting dibuat menjadi patung kartun.
Langkah pertama yang kami lakukan adalah membuat desain tiga dimensi patung untuk kebutuhan presentasi kepada pemilik dalam hal ini adalah Benteng Vredeburg. Setelah disetujui baru kami laksanakan proses pembuatan patungnya. Seperti biasa diawali dengan modelling, dilanjutkan cetakan negatif, cetakpositif, dan seterusnya. 

Finishing patung dicat duco dengan corak pakaian surjan jawa. Awalnya dibuat model dengan warna terang, namun atas permintaan pemilik, baju patung patung diubah menggunakan surjan lurik khas Jogja. Emblem museum kami buat dengan decal sehingga lebih halus.

Untuk pemasangan patung kami buatkan besi dudukan segi empat, difungsikan sebagai angkur saat pengecoran patung pada pedestalyang disediakan.

Tiga buah patung maskot fiber berukuran tinggi 170 cm kami buat dengan dua model tangan, Satu mempersilahkan jalan ke arah kiri, satunya mempersilahkan jalan ke arah kanan. Patung ditempatkan di depan pintu masuk, sehingga patung bisa ditempatkan di sebelah kiri atau kanan pintu.

Saat ini patung pak pandu di tempatkan di depan diorama 1, diorama 2 dan diorama 4 Museum Benteng Vredeburg.  Patung Maskot Pak Pandu 'bertugas' sebagai pemandu pengunjung museum. Posisi tangan kanan mempersilahkan serta tangan  kiri memegang buku yang difungsikan sebagai papan penunjuk nama lokasi diorama.

Pembuatan patung ini dilakukan di studio patung kami di Jogja. Selama kurang lebih 1,5 bulan, 

Data Fisik Patung:
Ukuran 170 cm
Media: Fiberglass Resin
Finishing: Cat Duco outdoor

Berikut adalah gambar proses pembuatan patung maskot jawa tersebut:


patung maskot balngkon
patung maskot pakai blangkon terpasang di museum benteng

patung maskot jawa
proses pembuatan patung maskot orang jawa museum benteng

patung maskot benteng museum vredeburg
patung maskot benteng vredeburg pak pandu

pembuatan patung maskot
pembuatan patung maskot

pembuatan patung maskot jawa
pembuatan patung maskot berpakaian tradisional jawa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel