Piala Resin Bening

Membuat Piala Resin
Membuat Piala Resin 

Piala Resin Bening. Sering kami diberi kepercayaan  membuat piala resin atau trophy resin  oleh beberapa instansi dari Yogyakarta. Paling sering adalah dari salah satu dinas di lingkungan Kabupaten Sleman.  Beragam bentuk piala menggunakan bahan resin dikombinasi dengan plat kuningan atau bahan yang di print warna kami buat untuk berbagai acara dan event.

Bentuk dasarnya relatif sama.  Piala dari bahan resin bening berpenampilan transparan seperti kaca dengan sisipan plat kuningan di dalamnya. Menggunakan teknik etching, kuningan dibuat bertulisan atau bergambar sesuai dengan tema kegiatannya. Selalunya, piala dibuat 1 set berjumlah 6 pcs diperuntukkan bagi juara 1, juara 2 dan seterusnya hingga juara harapan III. Plat kuningan etsa  selain digunakan untuk sisipan juga digunakan sebagai label kegiatan dan pemenangnya. Kalau susah memahami uraian ini, silahkan mengamati gambarnya, maka Anda dengan mudah akan paham yang saya maksud.

Harga piala resin atau trophy resin ini bervariasi bergantung ukuran dan volume bentuknya, serta kerumitan dalam pembuatannya. Pastinya ketika ukuran piala lebih kecil dan relatif mudah pembuatannya maka harga akan lebih murah dibanding jika piala berukuran lebih besar, juga rumit dan susah membuatnya.  
  
Tingkat kesulitan pembuatan piala ditentukan oleh desainnya. Nah, apabila Anda sedang berencana membuat piala dari bahan resin bening, berikut beberapa catatan yang dapat Anda gunakan untuk pertimbangan dalam membuat desain piala resin ; 

1. Ukuran ideal untuk piala menggunakan bahan resin berada dikisaran tinggi 25-30 cm. Selain mudah untuk dibawa ( hand carry) menggunakan goddy bag, tidak berat, juga -sesuai pengalaman kami- dari segi biaya sesuai  dengan rata-rata budget yang dialokasikan oleh banyak instansi..

2.  Untuk membuat piala resin bisa transparan sempurna seperti kaca, digunakan teknik slab. Bentuk datar / flat adalah bentuk paling mudah untuk dislab dan akan menghasilkan bening sempurna. Hindari bentuk-bentuk cekungan, garis2 dalam, dsb.

3. Dalam proses pembuatannya,  resin bening akan menghasilkan suhu panas. Semakin besar volume ukurannya, semakin tinggi suhu panas yang dihasilkan. Kemungkinan yang terjadi, resin akan retak ketika mengering. Salah satu cara mengurangi volume adalah desain piala dibuat jangan terlalu tebal.

4. Sediakan waktu produksi panjang supaya hasilnya sempurna. Membuat piala resin bening secara terburu2 akan memberikan beberapa kemungkinan terjadi; diantaranya adalah retak, banyak gelembung terperangkap di dalam yg akhirnya akan membuat lubang ketika dislab, meleyot / meliuk dimana bentuk garis menjadi tidak lurus, tampilan akan menguning, dll.

5. Untuk kesan gambar atau tulisan pada kuningan, buat desain hitam putih untuk membedakan bentuk timbul dan legok ke dalam, serta buat raster untuk membuat gradasi  bentuk. Tulisan menggunakan teknik etsa ini bisa dibuat dengan warna sesuai  selera dan kebutuhan.

Demikian, beberapa poin yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan pembuatan piala resin atau trophy resin.  Tentu saja, hal di atas bersifat subyektif sesuai dengan pengalaman yang kami temui di saat melakukan pembuatan piala dari bahan resin.

Apabila dirasa bermanfaat dan kebetulan sesuai dengan kebutuhan Anda,  Silahkan hubungi kami, dengan senang hati kami berdiskusi.

Salam 

Belum ada Komentar untuk "Piala Resin Bening"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel