Patung Tangan Berdoa

patung-tangan-berdoa
patung tangan berdoa
Patung tangan berdoa dari bahan fiber dengan ukuran tinggi hampir 8 meter berhasil kami buat dan dirikan di kawasan pinggir pantai Kota Manado.  Pembuatan patung tangan tersebut bagian dari  proyek pengembangan kawasan Taman Berkat / Godbless Park di atas tanah reklamasi dekat Piere Tendean Boulevard, Manado, Sulawesi Utara.  Lokasi patung tangan berada satu ruas jalan dan tak jauh dari Pusat per belanjaan Manado Town Square.

Patung tangan menggambarkan posisi tangan berdoa tidak berdiri di atas tanah langsung, yang menjadi pedestal adalah atap bangunan berbentuk segi delapan yang dibuat menggunakan cor beton. Menurut informasi, bangunan didesain berdinding kaca tersebut akan difungsikan sebagai restoran, pada lantai bawah, juga di bagian roof top. Membayangkan nantinya akan ada meja kursi restoran di sepanjang pelataran patung tangan ini, sungguh ide yang sangat menarik. Namun, sampai sekarang tampaknya kondisinya masih sama seperti saat kita selesai membuat patung ini tiga tahun lalu. Yang berbeda hanya bangunan yg menjadi pedestal ini kini dicat dengan warna warna cerah.

Diamati melalui internet, patung tangan ini sekarang menjadi spot selfie yang ramai dikunjungi. Banyak dijadikan obyek fotografi, bahkan terlihat dijadikan backdrop tempat beberapa kegiatan berlangsung. Mudah-mudahan situasi seperti inilah yang memang diharapkan terjadi oleh penggagas pembuatan patung ini. Artinya, proyek tersebut berhasil. Sebagai yang terlibat membantu pembuatannya, kami pun turut senang.

Proses pembuatan patung tangan.
Setelah melalui proses negosiasi harga (ditawar harganya pastinya :) ), rangkaian proses pembuatan patung tangan ini diawali dengan konsultasi mengenai rencana teknis pelaksanaan pekerjaan, termasuk schedule, masalah konstruksi, ijin pengiriman ke lokasi, ijin pemasangan dsb.

Pembuatan patung berlangsung selama 3 bulan. Diawali dengan pembuatan mock up miniatur setinggi 30 cm untuk mengetahui gambaran patung jadinya. Sambil kita menyerahkan rancangan konstruksi patung berikut pemasangannya. Setelah model miniatur patung tangan memperoleh approval dari pihak pemesan, dilanjutkan proses modelling menggunakan bahan semen, gipsum, compound, kawat strimin dan styrofoam yang dibalutkan pada kerangka model patung yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Proses carving dilakukan untuk membentuk tampilan visual tangan seperti diinginkan. Semuanya dilakukan diketinggian.

Proses berulang, setelah model patung selesai, kita mintakan approval dan disetujui baru kita mulai buat cetakan negatifnya menggunakan bahan fiber glass dan resin. Cetakan dibuat sekali pakai untuk menekan cost.  Karena kita perkirakan pemesan tidak akan melakukan pemesanan lagi patung yang sama persis.  Proses pembuatan cetakan berlangsung sekitar 1 minggu. Cetakan berbentuk potongan-potongan dalam jumlah banyak untuk memudahkan pengisian / pengecoran, juga mempertimbangkan ukuran container, supaya bisa dimuat saat pengiriman nanti.
 
Cetakan siap, barulah kita lakukan proses cetak positifnya. Potongan-potongan cetakan kita isi dengan adonan fiber berlapis dengan ketebalan 3-4 mm. Potongan fiber inilah yang nantinya kita rangkai kembali saat pemasangan.

Saat melakukan cetak atau cor, kerangka dinding patung dari besi dipasangkan mengikuti bentuk cetakan. Selain sebagai rangka perkuatan yang nantinya akan disambungkan menggunkan las dengan besi poros utama, besi kerangka juga berfungsi menjaga potongan-potongan patung supaya tidak berubah bentuk (meliuk/meleyot) saat proses pengeringan berlangsung dan saat terpapar suhu tinggi sewaktu di dalam container selama pengiriman.  Apabila sampai terjadi perubahan bentuk, akan menjadi masalah saat perakitan.

Bentuk patung yang sedang kita buat adalah Patung tangan sebatas siku dengan sikap dua tangan saling ditautkan pada bagian jari. Artinya ada dua bagian tangan yang menjadi alas dan keduanya terpisah.  Patung juga posisinya tidak tegak lurus seperti patung orang berdiri, tapi agak menyorong ke depan.  Ini sangat menjadikan concern bagi kita saat membuat potongan - potongan tangan ini.  Data ukuran kita catat secara cermat dan detil. Semisal jarak antar tangan,  arah hadap, kemiringan, penentuan titik pengukuran,  dan sebagainya. Sebagai upaya menghindari kesulitan saat perakitan patung, juga saat menentukan posisi kedudukan patung di atas pedestal.

Gambaran kesulitannya adalah sebagai berikut; nantinya patung akan kita rakit dari bawah, lapis demi lapis. Ketika salah menentukan posisi awal dan arah hadap tangan pada lapis pertama /dasar,  maka ketika lapisan atasnya dipasang mengikuti, akan terjadi pergeseran, dan lapisan atasnya lagi akan mengikuti, pergeseran semakin banyak. Kalau terjadi demikian terus maka bagian paling atas tidak akan ketemu, dan bagian jari tidak akan menaut sempuna. Ketika itu terjadi, ya visual patungnya menjadi tidak karuan. Susah untuk memperbaikinya.

Setelah semua bagian potongan patung terisi fiber, kerangka terpasang, dan terpacking, berikutnya  kita kirimkan ke manado menggunakan container 40 " HC full container load via pelabuhan Surabaya. Nggak sampai dua minggu container sampai lokasi pemasangan. Satu hari sebelumnya tim pemasangan kami berangkat menuju lokasi. Waktunya melakukan pemasangan.

Pemasangan Patung Tangan di Manado
Tim kami yang berangkat hanya 4 orang. Beruntung bahan patung fiber relatif tidak begitu berat. Proses bongkar dilakukan seluruhnya manual menggunakan tenaga manusia. Beda dengan patung grc atau logam yang harus menggunakan crane.

Perlu kami sampaikan bahwa salah satu kondisi saat menyampaikan penawaran patung khususnya untuk pemasangan di luar Jawa, adalah kami selalu minta disediakan scaffolding, sumber listrik dan sumber air, serta base camp / ware house sementara.  Jadi sampai lokasi kami bisa langsung bekerja. Tanpa perlu mempersiapkan pengadaan item item tersebut.  Peralatan yang kami persiapkan biasanya hanya peralatan safety,  dan alat kerja tangan seperti bor, gerinda, inverter las, spray gun untuk pengecatan dan peralatan kerja ringan lainnya. Untuk kompresor kami bisa membeli atau menyewa. Peralatan berat yang kami bawa maksimal hanya chain block katrol atau takel.  Apabila dibutuhkan crane saat pemasangan, itu menjadi tanggung jawab pemesan untuk menyediakan.

Kembali ke proses pemasangan, kegiatan pertama adalah menaikkan seluruh bagian patung dan besi poros ke atas dak beton setinggi 4 meter yang menjadi pedestal  patung tangan.  Selanjutnya mempersiapkan pemasangan besi  as /poros untuk patung yang sudah kami persiapkan di workshop kami di Jogja.  Seperti kami sampaikan di muka, patung tidak berdiri di tas tanah, jadi beban patung ditopang oleh kolom-kolom dan pondasi bangunan segi delapan tersebut. Saat pengecoran dak beton ini, kami minta besi kolom dari beberapa tiang yang posisinya dekat dengan kedudukan patung untuk dikeluarkan sepanjang 1 meter, yang nantinya akan kami gunakan untuk mengikat dudukan besi poros patung tangan. Kita ikat kebeberapa arah supaya beban patung terbagi rata.

Setelah besi poros terpasang, langkah selanjutnya menyusun potongan-potongan patung tersebut  mulai dari bawah. Besi rangka pada setiap potongan kita sambungkan, yang akhirnya menjadi seperti cincin menempel di dinding bagian dalam patung.  Selanjutnya besi ‘cincin’ ini kita sambungan dengan besi poros patung menggunakan potongan besi beton yang kita potong sesuai kebutuhan. Semua sambungan kita las secara penuh (full welded). Begitu seterusnya  hingga sampai potongan terakhir di bagian paling atas. Untuk keselamatan pekerja saat melakukan pengelasan, bagian paling  atas kita buka untuk membiarkan udara tetap masuk dan kita tutup kembali ketika pekerjaan pengelasan selesai.

Pekerjaan selanjutnya adalah finishing untuk merapikan bagian sambungan, merevisi bagian patung yang rusak saat proses pemasangan, dilanjutkan dengan pengecatan menggunakan cat outdoor.
Terakhir sekali adalah menutup dudukan besi poros dengan cer beton setebal 50 cm untuk lebih memperkokoh kedudukan patung.

Tahapan pemasangan patung tangan berdoa ini berlangsung selama 3 minggu. Total proses pekerjaan pembuatan patung tangan berdoa setinggi 8 meter ini memakan waktu 3-5 sampai 4 bulan.

Mudah-mudahan  patung tangan orang yang sedang berdoa ini bisa bertahan lama, bisa menjadi ikon baru kota Manado, tentunya setelah Patung Yesus terbesar yang sudah ada sebelumnya, yang memang luar biasa itu.

Catatan:
Kami sedang persiapkan video proses pembuatannya, segera kami update setelah siap.

Belum ada Komentar untuk "Patung Tangan Berdoa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel