Patung Malaikat Mikael - Mikhael

Patung Malaikat Mikael
Patung Malaikat Santo Mikael

Pengrajin Patung malaikat Mikael

Membuat Patung Malaikat Mikael atau Mikhael atau Santo Mikael, terkadang ditulis  St. Michael, St Mikhael  bahkan michel, dengan ukuran tinggi 3 meter dari bahan fiber glass resin sudah dua kali kami lakukan. Pemesan / konsumennya berasal dari dua kota yang berbeda.

Pembuatan patung mikael yang pertama berlangsung pada tahun 2014, sedangkan berikutnya dibuat selang waktu dua tahun setelahnya. Tepatnya di tahun 2016.
Pesanan yang pertama adalah patung Santo Mikael warna putih, dipesan oleh konsumen kami di Balikpapan Kalimantan Timur. Patung digunakan sebagai dekorasi rumah tinggal. Sayangnya sampai saat ini kami belum menerima kondisi foto pemasangan terakhirnya.
Ketika  itu,  konsumen tidak hanya khusus memesan patung, tetapi bersamaan juga memesan furniture / perabot kayu pengisi rumah tersebut.

Saat pembuatan patung mikael untuk Balikpapan ini workshop kami masih berpindah-pindah, bahkan saat itu kami dibantu oleh rekanan kami, pembuatannya menumpang di workshop rekanan kami tersebut sepenuhnya, dari awal sampai pengiriman.

Berbeda halnya dengan pembuatan patung santo Mikael yang kedua. Sepenuhnya sudah diproduksi di workshop kami, mesti saat itu luasan tempatnya masih sangat terbatas.

Tentang Malaikat Mikael

Dalam ranah kerohanian katholik, Mikael adalah malaikat yang dianggap sebagai pemimpin pasukan surga untuk melawan pasukan setan. Sering disebut sebagai santo mikhael (ditulis St. Mikhael). Dalam perjalanan waktu, sebutan tokoh ini berbeda-beda, sesuai dengan kurun waktu dan aliran dalam agama kristen katholik. Ada yang menyebut sebagi santo mikhael, mikael , bahkan mikail. Santo Mikael  dianggap sebagai pelindung umat katholik.

Sosok Mikael digambarkan memegang / menghunus pedang di tangan kanan dengan posisi kaki menginjak / di atas kepala Lucifer, raja setan iblis. Digambarkan memakai baju zirah yang merupakan pakaian perang. Dari gambar yang beredar, tidak ada warna baku pada patung malaekat mikael. Ada yang dibuat dengan warna dominan biru dan merah, hijau kuning, juga warna kuning coklat dengan warna selendang kuning.


patung- malaikat-mikael
patung malaikat bersayap mikael

Memilih Warna Patung Mikael

Berkaitan pewarnaan patung ini, ada hal menarik . Sebenarnya merugikan bagi kami. Saat patung ini dibuat, komunikasi  dengan pihak pemesan diawali melalui panggilan telepon, setelahnya dilakukan korespondensi melalui whatsapp messenger, termasuk dalam hal penentuan finishing cat warna patung.

Pemesan menyerahkan soal warna ini  sepenuhnya kepada kami. Lalu kami memberikan empat alternatif warna. Disepakati warna pada urutan nomer 2 adalah warna yang dipilih, warna kombinasi coklat dan kuning.  Lalu patung kami produksi dan diberi cat kombinasi coklat dan kuning, setelah patung kami cat  dan pasang ternyata salah. Dalam  persepsi pemesan, warna urutan nomer 2 adalah warna kombinasi merah biru.

 Artinya ketika kita mengirim banyak gambar melalui whatsapp messenger bisa diterima oleh penerima menjadi urutan yang berbeda. Dan kesalahan kami tidak memberikan alternatif warna dengan tulisan angka.

Tidak apa-apa harus mengulang cat, tapi disatu sisi dapat pengetahuan baru dari kasus ini. Bahkan menjadi informasi sangat penting karena whatsapp adalah sarana komunikasi utama yang kami gunakan.

Proses pembuatan patung malaikat mikael.

Patung mikael yang kami buat adalah patung replika berdasar lukisan Guido Reni mengenai Mikhael sang malaikat pemanah yg dapat dijumpai dalam Gereja Capuchin di Sta. Maria della Concezione, Roma Italia. Digambarkan sedang menginjak kepala Setan (Lucifer).

Kami tidak membuat bentuk tiga dimensi dari gambar lukisannya langsung, tetapi pemesan memberikan miniatur patung santo mikael berukuran lebih kecil. Pekerjaan menjadi lebih mudah karena dimensi volume patung sudah diketahui. Yang kami lakukan adalah membuat patung menggunakan skala perbesaran.

Proses pembuatan bentuk figur diawali dengan pembuatan model patung dari bahan styrofoam dan compound. Untuk pembuatan patung ukuran besar, pemilihan pemakaian bahan styrofoam untuk modelling akan membuat pekerjaan modelling menjadi lebih cepat.

Seperti biasa, setelah bentuk figure tercapai, langkah selanjutnya adalah meminta approval adari pihak pemesan untuk melanjutkan pada tahapan proses berikutnya. Selanjutnya masuk tahap pembuatan cetakan negatif.

Detil Patung Malaikat Mikael

Dua point yang perlu kita sampaikan adalah bagian sayap dan pedang dibuat knockdown. Dua bagian ini dibuatkan cetakan terpisah dari badan patung. Ini akan sangat memudahkan saat produksi, juga sangat penting pada saat pengiriman. Mengingat bentangan kedua sayap berukuran 3,5 meter lebih. Susah bahkan mustahil apabila dikirim secara utuh.    

Teknisnya, bagian belakang patung pada posisi punggung dibuat lubang dudukan 2 buah untuk memasukkan bagian pangkal sayap kiri dan kanan. Skenario pemasangannya, patung dan sayap dikirim dalam packing terpisah, setelah sampai dilokasi pemasangan, bagian pangkal sayap dimasukkan pada lubang dudukan kemudian baru dikunci menggunakan bahan fiber resin.

Bagian pedang juga dibuat knockdown, supaya tidak memakan tempat, juga aman tidak mudah patah saat pengiriman. Pegangan pedang dibuat menyatu pada genggaman tangan patung. Pada genggaman dibuat lubang tempat masuk besi yang sudah ada drat ulir, dan pada bagian ujung pegangan pedang ditanam sekrup, sehingga saat pemasangan tinggal masukan besi pedang ke dalam lubang, tinggal sekrupkan bagian ujung tangkai pedangnya.

Waktu Pembuatan Patung Mikael

Untuk membuat patung seperti patung santo mikael ini dibutuhkan waktu 3 bulan kalau pembuatan dimulai dari proses modelling, namun karena kita sudah memiliki cetakan, artinya kalau pesan sama persis sepeti yang ada difoto, waktu produksi yang kita perlukan 3 minggu sampai satu bulan. Itu waktu ideal.

Waktu pembuatan patung yang panjang memberikan kita waktu cukup untuk pekerjaan revisi dan finishing terutama pekerjaan amplas untuk menghaluskan permukaan patung fiber, sehingga kualitas akhir patung menjadi lebih baik.

Pemasangan Patung Mikael

Proses pemasangan patung dilokasi hanya memerlukan waktu satu hari. Pun ketika kita harus merubah warna cat patung mikael dilokasi juga hanya berlangsung satu hari. Dipesan  oleh pemilik salah satu penginapan yang berlokasi di komplek ziarah katholik Gua Kerep di  Ambarawa, sebuah kota kecil sebelah selatan kota Semarang, Jawa Tengah. Lokasi pemasangan  patung di hotel tersebut tak jauh dari patung Maria Asumpta setinggi 30 meter yang sangat terkenal itu.

Harga Patung Malaikat Mikael

Untuk mengetahui harga patung malaikat mikael atau patung santo mikael ini silahkan hubungi kami, karena kami tidak akan share harganya disini. Alasannya apa? Tidak ada, itu policy kami saja, harga selalu kami sampaikan secara tertutup, banyak faktor yang menentukan harga patung. Dan supaya harga patung tidak menjadi liar karena proses persaingan yang kini mulai terlihat tidak sehat.

Begitulah sedikit cerita mengenai pembuatan patung malaikat bersayap Mikael dan patung santo Mikael yang pernak kami lakukan.

Catatan foto:
-          Miniatur patung mikael tinggi 60 cm
-          Bagian lubang dudukan sayap pada punggung belakang patung mikael.
-          Proses pewarnaan cat yang pertama, proses pembetulan warna di lokasi
-          Pemasangan pedang
-          Patung Malaikat Mikael / Santo Mikael di lokasi pemasangan di Ambarawa Jawa Tengah.

Belum ada Komentar untuk "Patung Malaikat Mikael - Mikhael"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel